Sunday, November 22, 2009

All about Starbucks

Ada hal yang menggelitik pikiran saya tentang Starbucks setelah saya berdiskusi tentang bagaimana service terhadap pelanggan harus dijalankan dan rasionalkah tentang harga service yang di kenakan kepada pelanggan dengan "partner" kerja saya.
Sebetulnya yang saya sebut partner itu adalah owner sekaligus atasan saya,tapi di tempat saya bekerja semuanya dianggap sama tidak ada atasan dan tidak ada bawahan itu sebabnya beliau saya sebut partner dan beliau meminta saya mencari artikel-artikel mengenai starbucks dan membandingkannya dengan KFC.


Setelah mencari kesana-kemari dan melihat poin-poin yang sering di bahas dan dibicarakan baru saya mengerti kenapa harga kopi yang berkisar 50 ribuan itu memang harga yang rasional.
Awalnya saya kaget masa ada segelas kopi yang harganya luar biasa mahal untuk ukuran orang Indonesia tapi gerai dan outletnya ada diseluruh dunia?. karena ketika membeli secangkir kopi di starbucks kita tudak hanya mendapatkan secangkir kopi tapi juga pembelajaran mengenai segala hal yang berhubungan dengan kopi mulai jenis kopi sampai cara menikmatinya

Kenapa Starbucks bisa sukses?

Lalu apakah hanya dengan memberikan pembelajaran mengenai kopi dan seluk beluknya Starbucks bisa meraih kesuksesan? tentu saja tidak karena menurut buku "The Starbucks Experience" yang di tulis oleh Joseph A.Michelli,Ph.D. ada lima prinsip yang dijalankan oleh Starbucks sehingga Starbucks menjadi ikon bisnis yang fenomenal yaitu:

- Lakukan dengan cara anda
- Semuanya penting
- Surprise dan delight
- Terbuka terhadap kritik
- Leave your mark

dan ini model bisnis yang dijalankan Starbucks


Baca selengkapnya disini

kalau dilihat dan diperhatikan tentang bagaimana atasan di Starbucks memperlakukan karyawannya dan begitu juga bagaimana karyawan Starbucks memperlakukan para pelangganya adalah tidak lain dan tidak bukan untuk menjaga hubungan yang baik dan memberikan pengalaman yang berkesan dan membuat para pelanggan merasa bagian dari starbucks.
Bisa disimpulkan bahwa semua berawal dari atasan, sikap atasan kepada bawahan mendorong terciptanya service exelent yang dilakukan oleh para karyawan kepada pelanggan-pelanggan mereka


2 comments:

  1. sukses bekat kerja keras yang besar sahabatku

    ReplyDelete
  2. saya setuju sekali :D ditambah kerja cerdas, itu yang membedakan antara orang yang sukses dan tidak

    ReplyDelete