Thursday, April 16, 2009

Bloger ;customer sekaligus marketer

"Dunia teknologi informasi dan komunikasi saat ini sedang heboh dengan apa yang disebut sebagai Web 2.0. Inilah generasi berikutnya dari internet yang dulunya cuma bisa memberikan informasi. Saat ini internet sudah bersifat interaktif. Era Web 2.0 ini membuat internet tidak lagi bersifat vertikal semata, tapi sudah bersifat horisontal.
Bukan cuma bersifat One-to-Many atau One-to-One, tapi sudah bersifat Many-to-Many. Karena itulah, pasar menjadi datar. Artinya, tidak ada perbedaan status antara Marketer dan Customer. Marketer dan Customer sama rata. Marketer sudah berbaur dengan Customer-nya. Dengan demikian, hanya marketing yang bersifat horisontal yang akan efektif."

ini adalah kutipan dari kata-kata Hermawan Kartajaya dalam bukunya"New Wave Marketing, The World Is Still Round, The Market is Already Flat." yang merupakan pencetus New wave marketing.

saya setuju sekali dengan beliau karena saya melihat kecenderungan yang sama yang sedang terjadi di dunia per-bloger-an.arus informasi menjadi datar,tulisan suatu blog merupakan bahan dari tulisan blog yang lain,marketer yang satu merupakan custumer dari marketer yang lain.semuanya menjadi absurd ,tidak ada batasan-batasan yang jelas,kecuali kesopanan ala bloger (meninggalkan jejak di shoutmix!).bloger merupakan kumpulan customer sekaligus marketer yang saling berbaur.

kecenderungan = peluang

apakah kecenderungan = dengan peluang? bisa ya bisa tidak.bagi para bloger yang bisa melihat kecenderungan pasti akan tahu apa yang harus dilakukan ketika "kecenderungan baru muncul" kepermukaan ,misalnya; karena ada kecenderungan saling bertukar Link untuk meningkatkan trafic (maaf kalau salah),maka ada program atau kode untuk bertukar link otomatis ,kita cukup memasukan link blog kita kemudian hanya dengan sekali klik link kita sudah masuk/ditampilkan didalam blog yang menyediakan program tersebut.ini merupakan peluang karena ini sebenarnya cara lain untuk mendapatkan "follower" dengan mudah dan suka rela tanpa repot karena yg ingin memasukan link mengetik sendiri ,dan hasilnya? luar biasa.ini adalah contoh bagaimana marketer dan customer berbaur dengan mudahnya,yang ingin memasang iklan pun tak perlu repot memasang iklan melalui web pengiklan karena memasang link kita di blog akan lebih "targeting" . tapi sebaliknya yg tidak bisa melihat kecenderungan ya tidak akan mendapkan peluang.

lalu apa hubungannya dengan kutipan tulisan hermawan kartajaya diatas? ya itu tadi hanya marketing yang bersifat horisontal yang akan efektif. sejauh manakah kita berbaur? apakah ini juga ada hubungannya dengan kata "follower" di halaman google berubah menjadi "friend connect" karena kedengaranya lebih friendly dan lebih mengarah pada kecenderungan "facebook" yang tentunya akan bersifat horisontal?silahkan anda sendiri yang menilainya.

No comments:

Post a Comment